Beranda » Sandwpanel Blog » Pengertian Sandwich Panel dan Kelebihan Untuk Bangun Konstruksi

Pengertian Sandwich Panel dan Kelebihan Untuk Bangun Konstruksi

Diposting pada 24 November 2020 oleh admin | Dilihat: 959 kali | Kategori:
Pengertian Sandwich Panel dan Kelebihan Untuk Bangun Konstruksi

Pengertian Sandwich Panel dan Kelebihan Untuk Bangun Konstruksi

Apa itu Sandwich Panel?

Pengertian Sandwich panel merupakan panel yang terdiri atas tiga lapisan, dengan layer bagian tengahnya merupakan sebuah lapisan material tebal dengan tingkat kepadatan tinggi namun memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dua layer pengapit. Seperti layaknya roti sandwich, dua lapisan tipis yang terdapat pada struktur sandwich ini disebut dengan lapisan kulit atau penutup, dan satu lapisan tengah disebut dengan lapisan inti core atau jeroan.

Media yang digunakan untuk membuat sandwich panel beberapa diantaranya adalah:

  • Foam Core
  • Honeycomb Sandwich
  • Web Core Sandwich
  • Truss/Corrugated Core Sandwich

Kulit panel penutup dari sandwich panel terbuat dari pelat zincalume atau galvanis yang direkatkan pada kedua sisi lapisan insulasi. Karena itu tak jarang disebut juga insulated sandwich panel. Terdapat beberapa jenis insulasi pada sandwich panel yaitu:

Expanded Polystyrene (EPS)

Dengan kelebihannya adalah sangat ringan dan juga tahan terhadap panas. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran, yaitu 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200 mm.

Polyurethane (PU)

Kelebihan bahan PU ini yaitu memiliki thermal konduktivitas rendah serta baik dalam penghematan energi, dan juga dapat mencegah kondensasi. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran dalam ukuran 50, 75, 100, 125, 150 mm.

Glasswool Panel

Memiliki karakteristik tahan api dan tidak mengeluarkan gas beracun saat terbakar. Umumnya tersedia dalam ketebalan 50, 75, 100, 125 mm.

Sejarah Singkat Sandwich Panel

Pada tahun 1930, arsitek Amerika Frank Lloyd Wright pertama kali menggunakan panel sandwich dengan madu dalam proyek berlantai satu pondok (nsonian), yang dirancang sebagai contoh perumahan ekonomi. Panel sandwich yang dikembangkan oleh Wright memiliki sejumlah kelemahan, tetapi tujuan utama dari penemuan ini adalah untuk menggabungkan estetika dan kemudahan penggunaan dalam panel.

Tahun 1950 arsitek Amerika Alden B. Dow [en] (Alden B. Dow), dan saudara murid Wright CEO (Dow Chemical), menciptakan ergonomis tiga lapis panel sandwich dengan polyester dan dilapisi kayu lapis. Bahan ini digunakan untuk membangun rumah The Sandwich Panel House, juga dikenal sebagai Paul N. Sutton Residence di 4619 Concord Court di Midland, Michigan.

Pada bulan Mei 1959, perusahaan Amerika Koppers Inc. Untuk pertama kalinya memulai produksi massal panel-panel sandwich untuk pembangunan bangunan tempat tinggal. Untuk melakukan ini, perusahaan mengubah toko bekas Pabrik Mobil Hundson di Detroit. Panel sandwich di bawah merek Dylite diproduksi atas dasar polystyrene, serta kayu lapis.

Pada 1960-an, perusahaan Amerika Alside Home Program mampu secara signifikan mengurangi waktu produksi panel sandwich dari beberapa jam hingga 20 menit. Namun, permintaan panel sandwich tidak signifikan, sehingga perusahaan segera bangkrut.

Sejarah sandwich panel PIR dan PUR

Menurut asosiasi EPIC (Engineered Panels in Construction), teknologi panel sandwich yang diisi dengan busa poliuretan polyisocyanurate (PIR) dan busa poliuretan (PUR) muncul pada 1970-an. Hingga pertengahan 80-an, panel semacam itu dipasang langsung di lokasi konstruksi, tetapi pada awal 90-an panel sandwich pertama dengan pengisi busa poliuretan muncul sebagai produk akhir. Pada akhir tahun 90an panel tersebut sudah menempati 40% pasar panel sandwich.

Prospek untuk pengembangan

Salah satu bidang yang menjanjikan untuk pengembangan panel sandwich adalah pembuatan panel yang menghasilkan listrik. Secara khusus, di Swiss, pada tahun 2009, teknologi dikembangkan untuk produksi panel sandwich dengan fotosel Flexcell. Photocell dilindungi oleh lapisan fiberglass. Bagian dalam panel sandwich diisi dengan polimer berbusa. Panel sandwich semacam itu digunakan untuk pembangunan salah satu gedung Sekolah Politeknik Federal di Lausanne (Swiss).

Pengertian Sandwich Panel dan Kelebihan Untuk Bangun Konstruksi

Profil Panel Sandwich

Profil terdiri dari dua jenis : dinding dan atap. Panel sandwich dinding dengan jenis profil eksternal dibagi menjadi profil yang halus, sederhana diprofilkan dan dekoratif. Panel sandwich atap dapat diprofilkan pada kedua sisi atau hanya di luar.

Sebagai isolasi di gunakan wol mineral (serat basal), busa poliuretan PUR (poliisosianurat PIR), Polystyrene, Fiberglass, Polypropylene, Juga ada panel atas dasar lapisan anti panas yang terbuat dari busa poliisosianurat (Namun hingga saat ini, produk ini sedikit diketahui).

Salah satu bahan lapisan insulasi paling populer untuk panel sandwich. Serat basal di hasilkan dari melelehkan batu, terak atau kombinasi dari silikat. Biasanya, sandwich panel dengan wol mineral relevan untuk konstruksi struktur sederhana. Mineral wool berfungsi menghambat pembakaran, hal ini dapat memberikan isolasi panas dan meredam suara dengan sangat baik, dan sangat baik menstabilkan fluktuasi suhu dan paparan zat korosif.

Busa poliuretan (PPU)

Ketahanan Busa poliuretan tidak tergantung pada tingkat kelembaban lingkungan. Panel sandwich dengan busa poliuretan memberikan tingkat hidro dan insulasi termal yang tinggi. PPU tidak terpengaruh oleh jamur, serangga dan hewan pengerat, serta faktor biologis lainnya.

PPU termasuk kategori bahan yang tidak mudah terbakar, terutama ragam poliisosianurat (PIR). Ketika terkena api pada permukaan, busa ini dapat mencegah penyebaran api lebih luas.

Styrofoam

Bahan kecil dengan struktur sarang lebah. Isolasi ini, yang banyak di gunakan dalam pembangunan pertokoan, gudang, paviliun belanja, toko dingin, cottage dan rumah di “teknologi Kanada” dan seterusnya. Panel sandwich dengan polystyrene yang di perluas di pasang / di turunkan dalam waktu singkat.

Fiberglass

Ini adalah bahan khusus yang di hasilkan dari filamen gelas terbaik. Panel dengan fiberglass, pertama-tama, di minati karena sifatnya yang menyerap suara. Dengan karakteristik umum, serat kaca mirip dengan serat basal. Ini tidak mudah terbakar, ramah lingkungan, nyaman untuk transportasi dan instalasi. Ada ketahanan yang baik terhadap bahan kimia. Panel sandwich yang terbuat dari fiberglass tidak dapat di gunakan pada suhu di atas 400 ° C.

Polypropylene

Panel Honeycomb memiliki ketahanan yang baik terhadap air, untuk sebagian besar asam, alkali dan garam. Juga memiliki konduktivitas termal yang rendah, kekuatan tekan yang tinggi dan bobot yang ringan. Panel perlindungan sarang lebah dari efek panas dan radiasi ultraviolet di lengkapi bahan pelapis misalnya, aluminium, MDF, acrylic, fiberglass, dll.

Pelapisan

Lapisan luar panel sandwich terbuat dari baja galvanis, tetapi dapat di buat dari bahan lain khususnya komposit berbasis chip kayu. Untuk pelapisan baja, komposisi pelapis tambahan sangat penting, kualitasnya sangat menentukan karakteristik panel sandwich.

Penjelasan Bahan Material

Bahan utama yang di gunakan sebagai pelapis untuk panel sandwich adalah baja galvanis, aluzinc, papan gipsum, plastisol, polydifluoronad, poliester, pural.

  • Baja galvanis handal melindungi permukaan dari korosi. Daya tahan struktur berbanding lurus dengan ketebalan lapisan seng. Lapisannya mudah kita tangani.
  • Aluzinc adalah paduan aluminium dan seng, terpatenkan oleh perusahaan Amerika Bethlehem Steel (sekarang Mittal Steel). Komposisi zat yang tepat: 55% aluminium, 43,4% seng, 1,6% silikon. Lapisan ini memantulkan radiasi ultraviolet. Panel dengan lapisan atas seperti itu dapat kita operasikan pada suhu hingga + 315 ° C.
  • Karton gypsum adalah bahan dari dua lembar karton bangunan dengan inti berupa gypsum. Ini adalah lapisan yang mudah dan benar-benar aman untuk panel; cocok untuk digunakan sebagai tempat tinggal.
  • Plastisol adalah plastisin yang termodifikasi dengan polivinil klorida. Mengingat peningkatan kepadatan lapisan untuk mempertahankan sifat kinerjanya bahkan di bawah kondisi lingkungan yang kurang mendukung. Plastisol mentoleransi aksi mekanis dengan baik. Cocok untuk dekorasi interior dan eksterior.
  • Lembaran plastik PVC kaku, polystyrene atau polypropylene, untuk membuat sandwich panel jendela.
  • Polydifluoronad (PVF2) adalah senyawa yang terbentuk dari 80% plastisol dan 20% akrilik. Lapisan polydifluoronade dapat melindungi dari efek perubahan suhu, radiasi ultraviolet dan korosi.
    Polyester produksinya dari poliester, memiliki struktur berserat. Mempunyai toleransi baik bahkan untuk menahan suhu tinggi. Lapisan pada dasar poliester tidak memudar.
  • Pural adalah zat yang kita peroleh dari polyurethane yang kita modifikasi dengan poliamida. Zat ini melindungi permukaan dari korosi, kerusakan karena pengaruh pergantian suhu dan cuaca. Zat ini kita gunakan baik di dalam maupun di luar gedung. OSB berorientasi chipboard, terbuat dengan menempelkan chip kayu dengan tekanan yang tinggi.
  • Hardboard tahan lembab, bahan komposit serabut kayu dan serutan berdasarkan lem. Tingkat ketahanan kelembaban material tergantung pada lem yang kita gunakan.

Keunggulan Sandwich Panel

  1. Konstruksi dapat kita lakukan setiap saat sepanjang tahun
  2. Nilai tinggi isolasi termal (nilai konduktivitas panas dari 0,022 W / Mk)
  3. Keamanan ekologis, higienis, bagi manusia
  4. Beban rendah di atas fondasi konstruksi
  5. Transportasi mudah
  6. Tidak perlu finishing tambahan
  7. Isolasi suara yang tinggi
  8. Untuk aplikasi industri makanan dan madu
  9. Tidak adanya reaksi terhadap pengaruh zat kimia agresif atau faktor biologis (jamur).
  10. Lebih hemat jika kita bandingkan dengan bata, beton, kayu

Penjelasan Keunggulan Sandwich Panel

✔ Pemasangan relatif cepat dan perawatan yang mudah

Umumnya untuk membuat lapisan dinding atau atap, membutuhkan waktu yang lama serta membutuhkan pekerja yang banyak. Namun, tidak demikian dengan pemakaian sandwich panel ini.

✔ Peredam panas dan peredam suara yang baik

Dengan lapisan Expanded Polystyrene (EPS), sandwich panel mampu meredam panas dan suara.

Hemat energi

Penggunaan sandwich panel berlapis dinding ini mampu menghemat pengeluaran listrik. Selain dinding panel yang mampu memantulkan cahaya lampu secara optimal, penggunaan sandwich panel juga membuat suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Penghuni ruangan pun dapat meminimalisir penggunaan air conditioning (AC).

Lebih Ekonomis

Pemasangan sandwich panel yang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja membuat prose pemasangan dinding lebih ekonomis secara waktu dan tenaga.

Siap pasang tanpa finishing

Berbeda dengan pemasangan dinding menggunakan batu bata ataupun bata ringan yang membutuhkan plesteran dan kemudian kita lakukan acian sebagai finishing, pemasangan sandwich panel tidak perlu kita lakukan finishing.

Tahan terhadap gempa

Keunggulan bangunan prefabikasi yang menggunakan sandwich panel adalah lebih lentur dan kuat, sehingga ketika terjadi gempa tidak akan menimbulkan kerusakan yang parah. Oleh sebab itu desain bangunan prefabikasi ini sangat cocok untuk wilayah yang rawan gempa, seperti di Indonesia..

Bahan Lebih Ringan

Ketebalan bahan ini hanya 75 milimeter. Selain itu, berat jenis sandwich panel jauh lebih ringan jika kita bandingkan dengan panel modular lainnya. Terutama panel pre-cast modular berbahan beton. Dengan keringanannya, sandwich panel ini dapat menjadi panel modular yang dapat dengan mudah kita lepas-pasang dalam sebuah bangunan konstruksi.

Custom made

Produksi Sandwich panel kami lakukan secara modular tetapi fleksibel, ukuran lebar 1 m, panjangnya bisa custom sampai 12 m sesuai kebutuhan proyek.

Simple

Untuk pemasangan sandwich panel ini tidak membutuhkan banyak material tambahan/pendukung seperti semen, air, dan pasir. Bahan bangunan prefabikasi merupakan bahan rakitan pabrik, di mana kamu hanya tinggal merakitnya saja di lokasi yang kamu inginkan.

Kelemahan Sandwich Panel

  1. Tidak mampu menahan beban tambahan yang signifikan
  2. Probabilitas tinggi kerusakan mekanik (goresan)
  3. Pembekuan atau “jembatan dingin” panel di area koneksi karena kurangnya isolasi
  4. Kerusakan pada bingkai dan pengencang karena kondensat yang melimpah
  5. Terjadi penyusutan papan material pada lembaran polystyrene

Warna Panel Sandwich

Ketika memilih warna, perhitungkan serapan cahaya / pantulan cahaya, pilih kombinasi yang sesuai dengan karakteristik kondisi lingkungan. Hal itu akan menentukan masa pakai keseluruhan bangunan.

Konstruksi bangunan menggunakan sandwich panel lebih hemat energi jika permeabilitas udara kurang dari 1,5 m3 / m2 jam. Pada saat yang sama, contoh panel terbaik dapat mencapai permeabilitas udara dalam 0,6-0,9 m3 / m2 jam.

Parameter yang paling penting dari efisiensi energi panel sandwich adalah resistan termal (R0), yang memperhitungkan kerugian termal di bagian kunci struktur. Resistensi pengurangan perpindahan panas minimum (pada 25 °) untuk panel sandwich berkualitas tinggi.

Tips Penggunaan dan Penyimpanan Sandwich Panel

  1. Bila mengangkut sandwich panel menggunakan bak terbuka, sebaiknya lindungi tumpukan sandwich panel kalsiboard dengan plastik
  2. Lakukan bongkar muat sandwich panel di tempat yang terlindungi seperti di dalam ruangan
  3. Gunakan sandwich panel sesuai dengan urutan penerimaan (barang pertama masuk harus keluar pertama/First in First Out) untuk menjaga kualitas sandwich panel
  4. Simpanlah papan sandwich panel di ruangan yang kering dan terlindungi dari hujan.
  5. Simpan sandwich panel di atas valet untuk menghindari kontak langsung dengan tanah
  6. Lindungi dengan kardus di antara lembaran panel agar tidak tergores
  7. Tumpukan sandwich panel dengan maksimum ketinggian 2 meter

Jenis Aplikasi Sandwich Panel

Agar bangunan prefabikasi yang menggunakan material berstruktur lapisan ini lebih tahan lama, ada baiknya kamu memilih sandwich panel yang berkualitas. Sandwich panel terdiri dari 3 jenis, yaitu:

1. Sandwich Panel Dinding

Sandwich panel dinding yang paling sering penggunaanya dalam pembangunan rumah prefab adalah tipe Thermastyle Pro dengan lebar 950 milimeter dan ketebalan 50 hingga 100 milimeter.

2. Sandwich Panel Atap

Pada aplikasi ini sandwich panel yang kita gunakan adalah tipe ThermaDeck PRO dengan lebar 1.050 mm dan tebal 50-100 mm. Untuk sandwich panel atap, pintu dan jendela harus menggunakan hermetic door yang full system untuk menjaga keluar masuknya bakteri, terutama jika ruangan tersebut adalah ruang operasi.

3. Sandwich Panel Atap Klasik

Ada jenis lain dari panel sandwich yaitu panel klasik. Pemasangan panel ini langsung di lokasi konstruksi yaitu meliputi tiga jenis komponen yaitu panel dasar dan pemanas, dan papan bergelombang sebagai lapisan luar. Panel semacam ini lebih ekonomis, tetapi juga lebih banyak tenaga kerja untuk pemasangan bangunan prefabrikasi.

Penawaran Produk Sandwich Panel

Perkembangan dalam inovasi bahan bangunan modern telah mampu menghasilkan ide-ide baru untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan konstruksi agar lebih efisien dan ekonomis. Selanjutnya keputusan anda untuk beralih menggunakan sandwich panel untuk pembangunan rumah Anda. Silahkan Hubungi WhatsApp : 0821 2569 9335

 

Baca juga :

 

 

Bagikan

Pengertian Sandwich Panel dan Kelebihan Untuk Bangun Konstruksi | Supplier Sandwich Panel Berkualitas

Komentar (2)
  • Jaryl

    Produk sandwich panel dinding bosspanel® memiliki berbagai macam ukuran ketebalanya yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakai. Mulai dari ketebalan 5 cm, 6 cm, 7.5 cm hingga 10 cm yang dilengkapi tulang wiremesh untuk dak lantai, dengan kapasitas dan fungsi berbeda sehingga mudah diaplikasikan pada konstruksi bangunan. Ukuran panel dapat di sesuaikan dengan kapasitas bangunan modern yang akan di bangun oleh kontraktor.

    Balas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Workshop

Perum Griya Alam Sentosa Blok B 17 no 6 Pasirangin, Cileungsi – Bogor

Telepon & WhatsApp
0821 2569 9335

Live Chat
Online Senin-Sabtu (07:00 – 22:00) WIB

About

Sandwpanel.com adalah Supplier Precast Sandwich Panel Dinding Berkualitas.

Sandwich panel adalah alternatif material pengganti bata merah, bata ringan dan batako, dan material dinding lainya

 

Produk

Precast Sandwich Panel dengan material yang memiliki fleksibilitas dan fungsi tinggi yang dapat digunakan diberbagai aplikasi seperti panel dinding, panel lantai, dak beton ringan dan dinding precast

Panel Dinding | Panel Lantai | Panel Beton

Chat via Whatsapp
Sulaiman
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Sulaiman
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja